Selasa, 27 Agustus 2019

Kerajinan bahan keras alam

A. Kayu
Kayu terdiri dari beberapa jenis seperti mahoni, jati, sengon, akasia, pinus, nangka, albasia, sungkai dan sebagainya. Masing masing kayu8mempunyai ciri yang berbeda juga. Tetapi selain keras, rata rata memiliki serat atau urat kayu yang indah. Kayu memiliki lingkaran tahun. Sifatnya juga tahan lama dan muda (jati)

B. Bambu
Bambu memiliki batang yang kuat, namun akan terjadi pelapukan jeka terkena air terus menerus. Bambu memiliki rongga dari ukuran 1cm-20cm dan memiliki ruas batang ruas inilah yang membuat suatu kerajinan menjadi unik. Tekstur batangnya sudah halus meskipun belum diamplas.

C. Rotan
Rotan memiliki batang yang kuat lebih kuat dari bambu. Serat batangnya sangat kokoh. ada yang berongga ada pula yang tidak berongga. rotan memiliki ruas batang namun lebih samar daripada bambu. Rotan dapat dipotong dalam bentuk sayatan maupun utuhan. Bentuknya panjang bisa mencapai 10 meter karena hidupnya menjalar dan melilit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan bahan keras buatan

A. Kaca Kaca wujudnya transparan dan bening. Ketebalannya bervariasi antara 1mm-2cm tergantung pada kebutuhan. Kaca memiliki permujkaan lic...