Rabu, 14 Agustus 2019

Manfaat Listrik Statis

Listrik statis:

a. Generator Van de Graaff

Teknis dari generator Van de Graff adalah menghasilkan muatan listrik yang sangat besar dengan cara menggerakkan roda pemutar oleh motor listrik yang memutari pita karet sehingga menimbulkan gesekan dan pita karet menjadi bermuatan listrik. Muatan listrik yang terbentuk yaitu muatan listrik positif akan ditampung pada bola logam dan muatan listrik negatif akan ditanahkan. Untuk muatan positif yang dihasilkan akan semakin besar, karena adanya pita karet yang bergerak terus menerus. Distribusi muatan listrik yang dihasilkan terdapat pada permukaan bola yang berongga dan terkumpul di bagian permukaan luar bola yang lancip atau lengkung yang tajam.
Generator Van de Graaff
Mekanisme Generator Van de Graaff

b. Penggumpal Asap

Manfaat listrik statis lainnya adalah sebagai penggumpal asap. Penggumpal asap membersihkan partikel-partikel abu hasil pembakaran gas sehingga mengurangi pencemaran udara. Biasanya alat tersebut digunakan di pabrik baja, semen, dan industri kimia yang banyak mengeluarkan asap. Komponen alat penggumpal asap terdiri dari kawat dan pelat logam. Prinsip kerja alat ini adalah dengan membuat kawat bermuatan negatif sehingga ketika abu melewati kawat akan bermuatan negatif. Sedangkan pelat logam bermuatan positifsehingga akan menarik dan menggumpalkan partikel abu yang bermuatan negatif. Gumpalan-gumpalan partikel abu tersebut kemudian jatuh ke dasar cerobong sehingga mudah dibersihkan.
Penggumpal Asap

3. Mesin Fotokopi

Mesin foto kopi memiliki komponen pelat logam berlapiskan selenium yang terletak dibagian tengah dan terdapat baki pengembang dengan toner (bubuk hitam halus) didalamnya. Prinsip kerja mesin foto kopi adalah pelat  bermuatan postif dan akan menarik partikel bermuatan negatif dari toner. Pola toner kemudian dipindahkan keatas kertas kosong dan dipanggang diatasnya. Mesin fotokopi era 1960-an menggunakan proses seperti diatas, sedangkan mesin fotokopi sekarang prinsipnya sama dengan era 1960-an namun prosesnya lebih otomatis  dengan pelat berlapiskan selenium dipasang pada drum berputar.

4. Cat Semprot

Metode dari cat semprot yaitu adanya gesekan antara butiran cat dari aerosol dengan mulut pipa semprot dan udara sehingga menghasilkan muatan.  Bila benda yang akan di cat di beri muatan yang berlawanan, maka butiran cata akan tertarik ke badan benda.

sumber: https://rumushitung.com

1 komentar:


  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Kerajinan bahan keras buatan

A. Kaca Kaca wujudnya transparan dan bening. Ketebalannya bervariasi antara 1mm-2cm tergantung pada kebutuhan. Kaca memiliki permujkaan lic...